Konversialisasi media di indonesia
(Aminah Swarnawati,18/9/2012)
menurut eoin
deveroux (2005) media massa :
1.
"Wadah" --- berkomunikasi antara sender
dengan receiver
2.
Sebuah industri atau organisasi
3.
Merupakan institusi yang memproduksi teks sebagai komoditas
(komoditas --- barang yang punya nilai
jual)
4.
Agen perubahan sosial dan global
5.
Agen sosialisasi dan menjadi sumber yang sangat kuat dalam mengkonstruk
kebermaknaan sosial (social meaning)
kepemilikan
media (pemilik modal)
*
berkaitan dengan 5 hal diatas, kita akan melihat media massa (khususnya
televisi) sebagai industri dan institusi yang memproduksi komoditas
*
media adalah industri yang menghasilkan komoditas maka unsur komersial menjadi
menonjol
Sebagai Contoh pemilik media dapat menguasai isi media adalah gambar berikut:
1.
bisa dilihat di TVOne kepunyaan Bakrie berita
2.
sedangkan di stasiun TV lain bisa dilihat
Berita tentang Lumpur Lapindo bukan Siduarjo
Sebagai Contoh pemilik media dapat menguasai isi media adalah gambar berikut:
1.
bisa dilihat di TVOne kepunyaan Bakrie berita
Lumpur lapindo disebut lumpur Siduarjo,karena
Kepemilikan TVOne ada di tangan Bakrie2.
sedangkan di stasiun TV lain bisa dilihat
Berita tentang Lumpur Lapindo bukan Siduarjo
*
komersialisasi adalah implikasi dari revolusi media yang mendorong media dengan
visi ekonomi
*
pihak yang menentukan proses komunikasi dari peliputan informasi, pengemasan
informasi, hingga pemasaran informasi adalah pemilik modal.
*
posisi redaksional dalam organisasi komunikasi (gatekeeper) menjadi sangat lemah
*
media boleh menjadi idealisme karena bergantung pada pemilik modal, karena
bentuk jurnalisme yang dikemas
difokuskan dalam rangka menyiasati kesempatan pasar.
*
survei terhadap audience dalam rangka agenda setting juga berorientasi kenaikan
oplag (tiras)
*
keberhasilan media diukur dari oplag (media cetak) atau rating (media
penyiaran)
*
oplah dan rating adalah ukuran ekonomi bukan tolok ukur content media
*
dominasi politik pada saat jama soeharto sangat hegemoni, menguasai pasar yang
ada. Harus memberitakan yang benar.
* Dominasi
politik menimbulkan
pemasungan thadap kebebasan pers, secara akumulisi akan mempersempit gerak
jurnalisme.
Dua kekuatan
dominasi teresebut sama kuatnya akibatnya :
1.
Isi media berkisar pada 'issue' daripada masalah yang lebih penting tetapi
tabu karena bertentangan dengan elit penguasa
apabila
pers melanggar bisa dianggap melakukan trial
by the press.
2.
Isi media lainnya sebagai cara media untuk tetap eksis adalah dengan merangsang
selera rendah masyarakat, co : menyajikan unsur seksual, gosip, kekerasan, dll.
Michael
janeway (seorang guru besar columbia university) jurnalisme masa kini makin
bergeser ke infotainment akibat motif bisnis yang mengemuka dalam industri
media.
Infotainment
bukan lagi menjadi penumpang gelap, namun sudah menjadi mainstream (arus besar)
untuk jurnalisme itu sendiri.
:: michael janeway bermaksud, bahwa berita
di media cetak maupun elektronik saat ini, baik berita politik dan ekonomi
ataupun lainnya, sudah mirip infotainment.
:: kecanduan pada tokoh, kecenderungan pada
gossip (statement journalism), kedangkalan,
obsesi pada konflik, darah dan airmata serta ketidakmampuan membantu publik
mencerna masalah bagi kepentingan publik.
Di indonesia bisa melihat kecendereungan
menonjol yang sama pada tv one dan metro tv.
Contoh konglomerasi secara umum :
*Media tidak bisa netral karena dipengaruhi kepemilikan modal
*Media tidak bisa netral karena dipengaruhi kepemilikan modal
* Konglomerasi-->punya bisnis yang cukup banyak atau
penguasaan bisnis dari hulu ke hilir.
Usaha hulu - hilir : percetakan buku (gramedia)
Gambar -gambar itu adalah stasiun TV kepunyaan MNC Grup..jadi semua berita dikuasai oleh MNC
Gambar -gambar itu adalah stasiun TV kepunyaan MNC Grup..jadi semua berita dikuasai oleh MNC
Adapun efek dari Konglomerasi adalah :
* Mempengaruhi Opini Publik
*Publik diarahkan pada 1 opini
konglomerasi
media di indonesia
* orientasi komersil media bisa disebabkan
karena persaingan yangw ketat, tapi juga bisa dipengaruhi oleh kepemilikan
media yang berpusat pada segelintir orang / kelompok.
Contoh konglomerasi media (televisi) :
mnc group : rcti, global tv, dan mnc tv.
Koran sindo, global radio,
okezone.com, radio dangdut, Blitz Megaplexdll
viva group : tv one dan vivanews.com dan
antv (bakrie) anak perusahaan yang masih banyak lagi
scm (surya citra media) : sctv, indosiar, o
channel, liputan6.com
media group : metro tv, media indonesia,
lampung pos
Transcorp : trans tv, trans7, detik.com,
trans studio, Carrefour,Bank Mega, Para Finnace
dll. Bisa dibayangkan apabila kita ke Bandung mengunjungi trans studio lalu menginap di hotel The Trans Luxury Hotel, setelah itu berbelanja di Carrefour maka uang yang kita keluarkan masuk ke satu pintu yakni ke "Si Anak Singkong" (Chairul Tanjung).
, , Sitra Winmax
Mereka bertiga bekerja sama menaungi 12 media antara lain ;Berita 1 TV,Berita 1.com,Jakarta Globe.
Jawa Pos: Jawa Pos News Network,Rakyat Merdeka, Lampu Hijau.
, , Sitra Winmax
Mereka bertiga bekerja sama menaungi 12 media antara lain ;Berita 1 TV,Berita 1.com,Jakarta Globe.
Konglomerasi Surat Kabar
Gramedia Grup : Kompas Grup tersebar di berbagai daerah dengan label tribun, misal Tribun Pekanbaru),tabloid Bola, Tabloid Nova,Kompas.com
Jawa Pos: Jawa Pos News Network,Rakyat Merdeka, Lampu Hijau.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar