Oleh:Pak Suwarjono(Selasa,4/9/2012)-
Managing Director Vivanews.com
Masyarakat tidak menggunakan media
konvensional (cetak) tapi sekarang menggunakan media online. Pergeseran luar
biasa dari media konvensional ke new media.
Perusahaan menggunakan media online untuk
memberi tahu (informasi dan memanggil calon karyawan)
Adapun problem umum yang menyangkut media
online:
- Ketakutan, Keraguan akan keamanan, akurasi berita dan isu-isu soal hacker
- Minim Pengakses (Hanya 20%)
- Tampilan Desain 7 Tulisan
- Maksimalkan Layanan
- Kurang Update
- Ketahui Karakter Online (Beda dengan offline). Karakter Online: Orang yang tidak mau menjadi pembaca pasif melainkan orang (user) yang aktif memberikan komentar yang berupa saran-kritik dkk. Keterlibatan user dalam social media yang dapat menciptakan opini publik.
Media online terus bertumbuh karena
Infrastruktur kita semakin murah. Ada pula perubahan zaman, semakin bertambah
modern.
Media online baru menuai bagusnya 3-4 tahun
belakangan ini. Media bagus karena kemajuan teknologi.
Culture sangat cepat berubah. Kita harus
ikut perubahan.
Orang membuat akun karena kebutuhan:
-
Pertemanan
-
Informasi
-
Eksistensi
-
Narsisme
-
Promosi
(Pencitraan)
Karakter online:
1. Portal Contentnya sendiri yang mengisi. Contoh: Detik.com, Kompas.com
Platform Para pengguna media social/forum yang mengisi. Cth: Facebook
2. User Behaviour (Online / Offline)
3. Statistik (traffic tinggi # iklan)
4. Promosi Marketing
Media online punya blog mau promo di media
online sendiri
5. Technology (cms, gratisan)
6. Make Money (ide kreatif)
7. Culture (Dunia cepat berubah, Aktivitas
online disesuaikan dengan culture)
- Menilai situs seperduapuluh detikMelihat, pindai (meng-scan), baru membacaKecepatan membaca halaman di layar komputer 25% lebih lambat
- Melihat, pindai (meng-scan), baru membaca
- Kecepatan membaca halaman di layar komputer 25% lebih lambat
Kelebihan Media Online:
1. Berita singkat yang ditulis ‘nyaris’
berbarengan dengan peristiwa yang tengah berlangsung Breaking.
2. Realtime: menyajikan berita ‘seketika’ jeda
antara kejadian/peristiwa
3. Running News: Berita yang ditampilkan
secara pendek, konfirmasi pada berita berikutnya
4. Data Lengkap: Ditulis mendalam, disertai
link
5. Multimedia: Masukkan foto, video, kartun
Interaktif: Pembaca dilibatkan
Karakter Media Online (yang
membandingkannya dengan media lain):
- Ruang tempat tidak terbatas
- Penyajian bisa berbentuk teks, foto, video, audio, maupun info grafik
- Periodisasi terbit tidak terbatas
- Interaktif/forum/Sosial/Network
Sejumlah media sosial seperti Facebook dan Twitter turut membuat si pengguna untuk dapat terkenal dan kebanyakan dimanfaatkan publik sebagai ajang untuk eksistensi diri sehingga pada akhirnya dirinya dapat dikenal melalui berbagai media sosial yang saat ini populer adalah membuat video melalui Youtube yang kemudian diposting oleh orang tersebut dan mendapatkan perhatian banyak masyarakat pengguna New Media ini:
Briptu Norman polisi asal Gorontalo adalah salah satu contohnya dengan alasan menghibur temanya Briptu Norman menyanyi lagu Chaiya-Chaiya. Kemudian video tersebut di upload ke Youtube.com bisa dilihat sampai saat ini ada 3 juta lebih orang yang melihat videonya di Youtube. Adapun dampak dari hal ini adalah mengubah pandangan masyarakat tentang seorang polisi yang biasa dikenal seram dan menakutkan tetapi ternyata polisi ada yang se ceria dan memiliki suara bagus seperti Briptu Norman.
Bagi Briptu Norman ketenaran yang didapat dimana pada saat itu berminggu-minggu infotaiment membicarakan dirinya dan kehidupanya juga banyak tawaran menyanyi yang didapat Briptu asal Gorontalo ini.
Ketiga contoh media diatas adalah yang saat ini paling banyak dikunjungi dan digunakan oleh pengguna New Media jadi pergunakanlah Media sosial sebaik-baiknya dan selalu ingat rambu-rambunya.
Remember:
- Bad News is Good News tidak tepat
- Ketahui rambu-rambu hukum
- Menulis dan terdokumentasi selamanya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar