Senin, 05 November 2012

Teknik Penyiaran Televisi

Oleh :Ade Hidayat S.Sos, M.Si

Terselenggaranya penyiaran di tentukan oleh 3 (tiga) unsur yaitu :
  •          UNSUR STUDIO  /  MASTER CONTROL: dimana ini adalah tempat untuk berlangsungnya   pengambilan gambar
  •          TRASNMITTER  /  SATELIT : teknologi ini dapat digunakan reporter dan juru kamera untuk menyiarkan peristiwa langsung dari tempat kejadian. Ade menjelaskan, kualitas tayangan yang dikirimkan melalui transmiter saat ini masih bergantung pada kondisi cuaca, sedangkan teknologi satelit diklaim mampu mengasilkan tayangan yang paling "bersih". Selain transmiter dan satelit, saat ini Skype juga mulai banyak digunakan.
  •          PESAWAT PENERIMA :  perangkat televisi di rumah-rumah penduduk. Saat ini tengah berlangsung upaya bagaimana mengalihkan sistem siaran yang tadinya bersifat analog ke dalam sistem digital.
MENURUT  WAHYUDI penyiaran yang baik dan benar adalah  ( 1994 )
  1. Siaran Berkualitas adalah : Siaran yang kualitas suara dan atau gambar / visualnya prima.
  2. Siaran yang Baik adalah : Siaran yang isi pesannya, baik audio dan atau visualnya bersifat informatif, edukatif, persuatif, akumualitif dan stimulatif. 
  3. Siaran yang benar adalah : Siaran yang isi pesannya, baik audio dan atau visualnya diproduksi sesuai dengan sifat fisik medium radio dan atau televisi.

Hal terpenting untuk menjadi seorang penyiar adalah kepercayaan diri dan belajar berintonasi dengan baik ( bukan dengan suara "lebay").

Namun, menjadi seorang penyiar ternyata memerlukan begitu banyak keahlian disamping suara merdu dan wajah rupawan (bagi penyiar TV).  Wawasan luas, disiplin, kreatif dan simpatik juga menjadi tuntutan. Penguasaan bahasa, terutama bahasa asing pun menjadi penting untuk mendongkrak kualitas seorang penyampai berita.
Penyiar sesungguhnya mampu membawa dampak besar bagi khalayak, yakni dalam hal kognitif (membawa pengetahuan), afektif (mengubah sikap), dan konatif (dorongan untuk bertindak). 

NB: Banyaklah belajar untuk melatih kepercayaan diri dan coba berbicara seolaholah menjadi pembaca berita .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar