Minggu, 07 Oktober 2012

Bahasa dan Industri Radio saat ini

Oleh: Farid Rusdi (2-Okt-2012)


Saat ini yang masih digunakan dalam masyarakat 719 bahasa masih digunakan oleh penuturnya. Akhir abad 21 diperkirakan hanya 10% dari bahasa daerah yang masih bisa bertahan.

Penyebabnya: Kondisi masyarakat yang multietnik sehingga terjadi kontak antar bahasa sehingga bahasa yang satu lebih sering daripada bahasa lain.
Perkembangan media massa yang begitu pesat saat ini di masyarakat juga turut mempengaruhi berkurangnya tutur daerah.

160 Bahasa Ethis di Indonesia terancam punah   "Penyiaran diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkukuh integrasi nasional, terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertaqwa, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dalam rangka membangun masyarakat yang mandiri, demokratis, adil, dan sejahtera, serta menumbuhkan industri penyiaran Indonesia."

Untuk mencapai tujuan tersebut organisasi  KPI dibagi menjadi tiga bidang, yaitu bidang kelembagaan, struktur penyiaran dan pengawasan isi siaran. Bidang kelembagaan menangani persoalan hubungan antar kelembagaan KPI, koordinasi KPID serta pengembangan kelembagaan KPI. Bidang struktur penyiaran bertugas menangani perizinan, industri dan bisnis penyiaran. Sedangkan bidang pengawasan isi siaran menangani pemantauan isi siaran, pengaduan masyarakat, advokasi dan literasi media.
 
 (sumber http://www.kpi.go.id/component/content/article/14-dalam-negri-umum).

 Sumber(http://www.tempo.co/read/news/2011/12/16/079372002/169-Bahasa-Etnis-di-Indonesia-Terancam-Punah)




Radio benda ini memiliki karakteristik yang berbeda dari lainya yaitu:
a. Hanya Suara -> mengekspos cara pengucapan menggunakan bahasa tutur lebih akrab daripada tulisan 
b. Kedekatan Personal penyiar dan pendengar

(Dalam Gambar terlihat penyiar yang berinteraksi dengan Narasumbernya.)

Penyebaran Radio:

TENGGARONG
-Ibu kota Kabupaten Kutai
- Penduduk kurang lebih 620 rb
- Bahasa asli: Melayu Kutai dengan penutur 210 rb orang (ethnologue.com)

- Radio yang banyak digunakan di Tenggarong dengan bahasa Ibukota
- Usia Pendengar
15-25  65%
26-45  30%
>46      5%

-Jenis Music: Pop Ind 60% Dangdut 20% Campuran 0% lain-lain 20%

Usia muda adalah mereka yang perlu mengenal lebih banyak tentang bahasa daerah. Selama di sekolah mereka menggunakan  bahasa Ind.



Lima Kelompok besar Radio Indonesia:


 

Siaran Berjaringan
•        a. Kontrak kerjasama yang telah dilakukan antara radio pusat di Jakarta dengan radio jaringan di daerah bisa membatasi kreatifitas siaran radio daerah.
M     mereka bisa siaran program lokal dengan ijin radio pusat. Akibatnya kejeniusan lokal dan kreatifitas lokal dalam program siaran sulit berkembang (Morissan, 2008: 115-116).

b.        b.Siaran radio berjaringan ini menjadi strategi pemilik grup radio di Jakarta untuk menjangkau pendengar lebih luas lagi.

     Radio Makasar 
Ta     Tagline: Juaranya Music Indonesia!
          Usia: 15-35 tahun

N     NB: Bahasa dari Kebudayaan jika bahasa hilang dari masyarakat maka punah pula kearifan lokal budaya suartu daerah.
            Media radio lebih berperan untuk menjaganya, karena radio adalah media yang mengandalkan suara dan bahasa tutur bukan sebaliknya yang justru mempercepat hilangnya bahasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar